Bintang Tsurayya Muncul Petanda Akhir Corona

Sebuah video cahaya kecil di pagi hari viral di media sosial. Banyak orang yang mengatakan bahwa itu adalah bitang Turaya.


Video yang awalnya diunggah ke Twitter dan disebar di berbagai media sosial, termasuk akun Instagram juga diikuti bertuliskan:

"Subhanallah... Bintang TURAYA di pagi hari... benar yang di katakan Rosululah... akan habis Wabah Covid-19. apa bila ada Bintang di pagi hari. Itulah Bintang Turaya... Alhamdulillah. habis sudah sak wasanga manusia dengan adanya BUKTI. Bintang itu disaksikan byk orang."

Sebelumnya para ulama mengatakan bakal muncul sebuah bintang pada awal Mei sebagai petanda berakhirnya wabah virus corona (Covid-19).

Bintang tersebut adalah Tsurayya. Menurut Al-Imam ibnu Mulaqqin Bintang Tsurayya ini akan muncul pada bulan Mayu atau bulan May atau Mei. Wallahu’alam Bissawaf.

Dan, sabda Rasulullah yang dilansir dari Imam Ahmad bin Hambal dalam musnad kumpulan kompilasi hadis-hadis.

"Apabila satu saat nanti, muncul bintang di satu hari, pada pagi hari, maka akan diangkatlah segala macam wabah."

Sementara itu, Dalam Riwayat Imam Thabrani dalam Mu’jam Ausath 1305 mengatakan. "Tidaklah terbit bintang di pagi hari sama sekali sedangkan suatu kaum ditimpa penyakit (wabah), kecuali pasti wabah itu diangkat dari mereka."

Dalam musnad Imam Abi Hanifah menurut riwayat Ibnu Ya’qub juga mengatakan, "Apabila terbit bintang, (pasti) terangkatlah penyakit dari penduduk setiap negeri."

Sejatinya, virus corona termasuk dalam wabah, atau tho’un yang mematikan. Disebut Tho’un, karena wabah ini awal mula terjangkit di satu wilayah yaitu Wuhan, Cina. Dan kemudian terjangkit di hampir semua negara di dunia.

Namun, benarkah cahaya kecil yang tertangkap lensa kamera masyarakat itu adalah bintang Turaya atau Tsurayya?

Seorang astronom amatir, Marufin Sudibyo berkata bahwa cahaya kecil yang beredar di foto dan video pagi hari itu bukanlah bintang Turaya.

"Bukan (bintang Turaya). Kemungkinan besar itu Mars, kalau benar difoto pada saat pagi hari sebelum matahari terbit," kata Marufin dikutip Kompas, Kamis (29/4/2020). 

Marufin pun menjelaskan apa itu bintang Turaya. Menurutnya, bintang yang dimaksud mungkin adalah bintang Tsuraya atau ats-Tsuaya yang merupakan nomenklatur Arab untuk Pleiades.

"Secara astronomis ia (bintang Tsuraya) dikenal sebagai Pleiades atau Messier 45 (M45)," jelasnya.

Pada saat ini, Pleiades masih berada di langit barat, tepatnya di bawah Venus. Oleh karena itu, secara teknis Pleiades akan bisa dilihat setelah terbenamnya matahari.

"Pleiades akan berada di langit timur mulai pertengahan Juni mendatang, tatkala terbit lebih dulu ketimbang matahari," ujar dia.

Sumber : nasional.nusantaratv.com/peristiwa/bintang-tsurayya-muncul-petanda-akhir-corona-astronom-itu-mars

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halaman
1 2 3