Kang Emil Menilai Aturan Buka Keran Transportasi Merepotkan Daerah

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa oleh Kang Emil mengatakan, pihaknya akan mengetes orang-orang yang bepergian setelah diberlakukannya aturan dari pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yang membuka keran transportasi.

Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com

Adapun ini disampaikan dalam Sharing Session yang diadakan eksklusif oleh Liputan6.com secara langsung.

Dia menuturkan, jika ada orang yang bepergian tersebut, ditemukan positif, maka akan langsung menutup lalu lintas yang ada.

"Kalau saya temukan orang yang menggunakan keleluasaan transportasi ternyata positif, maka kita akan tegas menutup lalu lintas," kata Kang Emil, Senin (11/5/2020).

Dia menuturkan, bahwa peraturan ini merepotkan daerah. Dan sudah disampaikan dengan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menhub Budi Karya Sumadi.

"Saya sampaikan hal yang sama. Bahwa kebijakan pusat harus mendengar masukan akar rumput dari bawah. Karena saya, Pak ganjar (Gubernur Jateng), para Gubernur lain kan ngejaga gawang di bawah, kira-kira begitu. Kebijakan yang di atas kalau di bawahnya enggak sinkron kan harus saling review," ungkap Kang Emil.

Meski demikian, dia enggan mempertentangkan kebijakan tersebut.

"Karena pemerintah provinsi adalah perwakilan pemerintah pusat di daerah. Apapun keputusan pemerintah pusat tugas kami secara undang-undang adalah mengamankan. Tapi kami punya kewajiban, kalau kebijakan itu mungkin kurang pas, kami beri masukan untuk revisi," tegas Kang Emil. 

Sumber: merdeka.com/peristiwa/kang-emil-menilai-aturan-buka-keran-transportasi-merepotkan-daerah.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halaman
1 2 3