Kematian Anak Akibat Covid-19 di Indonesia Tertinggi

Jumlah kasus kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia tertinggi se-Asia. Tercatat dalam data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), hingga 18 Mei 2020, jumlah kasus pasien dalam pemantauan (PDP) anak ada 3.324 dan positif Covid-19 sebanyak 584 anak. Sementara jumlah kasus PDP anak yang meninggal ada 129 anak dan positif Covid-19 meninggal ada 14 anak.

berita.akanviral.com


Sementara di negara-negara Asia lainnya seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina, memang terdapat kasus anak terinfeksi Covid-19, namun hingga saat ini tidak ada kasus yang meninggal. Berkaca dari fakta itulah Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Aman B. Pulungan mengatakan screening virus Covid-19 pada anak lebih masif lagi.

"Data kita sebenarnya masih sedikit karena memang anak-anak yang di screening masiih sedikit. Selama ini hanya orang dewasa atau pekerja saja yang menjalani tes. Indonesia juga termasuk negara dengan jumlah tes Covid-19 yang paling sedikit dibandingkan beberapa negara lain. Padahal, setiap orang baik bayi hingga orang dewasa berpotensi terjangkit,” ujar Aman, dilansir dari link YouTube, Selasa (26/5/2020).

Sebagai gambaran, tes Covid-19 PCR dan tes cepat molekuler di Indonesia hingga Selasa (26/5/2020) ada 264.098 spesimen dari 188.302 orang. Jumlah tersebut hanya sekitar 1/5 dari Pakistan dan 1/28 dari Malaysia. Menurut Aman, tes tersebut tentu masih jauh dari cukup.

Selain itu, tantangan lainnya adalah kasus Covid-19 pada anak-anak ini pun cukup sulit dideteksi karena adanya kemiripan gejala dengan pneumonia dan diare. Ditambah, gejala yang ditunjukkan oleh anak-anak juga bisa saja berbeda.

"Covid-19 ini gejala umumnya demam, batuk, dan sesak seperti pneumonia. Kemudian beberapa data pasien menunjukkan ada gejala lain, seperti mual, muntah, dan diare,” tambahnya. 

Sumber: beritasatu.com/kesehatan/637579/kematian-anak-akibat-covid19-di-indonesia-tertinggi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halaman
1 2 3