Ketua MPR Minta Maaf Konser Amal Covid-19 Abaikan Protokol Kesehatan

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta maaf atas penyelenggaraan konser penggalangan dana untuk korban Covid-19 yang menjadi sorotan publik.

Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Publik menilai konser tersebut mengabaikan protokol pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kritik itu bermula dari foto Bambang bersama grup musik Bimbo dan sejumlah tokoh lainnya di atas panggung yang viral di media sosial. 

Dalam foto itu, mereka berpose sambil berdiri berjajar tanpa menjaga jarak.

Konser yang digelar MPR bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu diselenggarakan pada Minggu (17/5/2020) malam.

"Saya mohon maaf. Itu semua salah saya yang tidak bisa menolak permintaan spontan teman-teman kru TV untuk berfoto bersama dengan saya dan musisi senior Sam dan Acil Bimbo," kata Bambang kepada wartawan, Selasa (19/5/2020).

Bambang mengatakan foto tersebut secara spontan diambil seusai konser.

Ia menceritakan saat itu para kru TV dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam konser begitu senang karena acara berlangsung sukses.

"Karena saking senangnya acara yang melibatkan banyak tokoh dan dipersiapkan hanya beberapa minggu berjalan lancar dan sukses," ucap Bambang. 

"Saya juga tidak menyangka solidaritas dan kegotong-royongan serta respons masyarakat kita luar biasa untuk bisa saling membantu sesama saudara sebangsa dan setanah air hingga bocah kecil rela memecahkan celengannya untuk berdonasi," imbuhnya.

Menurut Bambang, sejak awal tim yan terlibat dalam acara konser berkomitmen menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menjaga jarak fisik.

Ia pun menyatakan kelalaian penerapan protokol itu terletak pada dirinya.

"Sejak awal kita semua sudah berupaya menjaga jarak. Jadi, kalau ada yang perlu disalahkan dari acara maupun dari foto yang seolah-olah mengabaikan protokol kesehatan, sayalah orangnya. Bukan yang lain. Karena mereka telah bekerja sukarela tanpa honor, termasuk Bimbo," kata Bambang. 

Diberitakan sebelumnya, konser amal itu berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar Rp 4 miliar.

Dalam konser tersebut, digelar pula lelang sepeda motor listrik karya anak negeri.

Sepeda motor itu menjadi spesial lantaran dibubuhi tanda tangan Presiden Joko Widodo di bagian depan motor.

Motor listrik tersebut laku dengan nilai lelang Rp 2,55 miliar.

Konser berdurasi dua jam itu diramaikan oleh sederet musisi Ibu Kota. Mulai dari Bimbo, Iin Parlina, Rossa, Via Vallen, Judika, Lyodora Ginting, dan figur publik lainnya.

Sumber:  nasional.kompas.com/read/2020/05/19/19441671/ketua-mpr-minta-maaf-konser-amal-covid-19-abaikan-protokol-kesehatan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halaman
1 2 3