Viral Tokoh Agama Dipukul hingga Terjungkal, Polisi Beri Keterangan

Baru-baru ini viral video tokoh agama di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dipukul oleh seorang pria hingga terjungkal, Rabu (13/5/2020).

berita.akanviral.com
Tangkapan layar tokoh agama dipukul hingga terjungkal/ IST


Dalam video viral yang dilihat Tribunjabar.id, tokoh agama yang menggunakan sarung warna merah itu, dipukul oleh pria berbadan gempal menggunakan jaket warna hitam.

Diduga pria yang memukul tokoh agama tersebut merupakan anggota ormas.

Dari informasi yang dihimpun, kejadian tersebut terjadi di Kampung Cikurutug, RT 2 RW 1 Desa Kademangan, Kecamatan Surade.

Diketahui, korban bernama Idih (66), ia dipukul hingga terjungkal dan diduga pria lain yang merupakan teman pelaku juga mendekati Idih yang terjungkal setelah dipukul.

Menurut informasi yang dihimpun, aksi penganiayaan tersebut diduga dipicu aksi penyetopan truk angkutan pasir besi di wilayah tersebut.

Salah seorang warga, Sukma, mengatakan, korban merupakan warga setempat sekaligus kiai.

"Saat melihat kedatangan beberapa rekan-rekan ormas dan LSM peduli lingkungan melakukan aksi pencegatan kendaraan truk angkutan pasir besi, korban ada di lokasi bersama warga setempat memberikan dukungan," ujar Sukma, yang juga salah satu aktivis lingkungan, kepada wartawan, Kamis (14/5/2020).

Saat ini, lanjut dia, korban telah melaporkan ke polisi. Sukma juga mengatakan, dirinya bersama rekan-rekan aktivis lingkungan akan mengawal proses hukum kasus pemukulan tersebut.

"Korban sudah melaporkan kejadian ke Polsek setempat, ini jelas penganiayaan, kita akan kawal prosesnya," ujar Sukma menegaskan.

Diketahui, saat ini pelaku berinisial SP sudah diamankan oleh polisi.

"Silahkan ke Kasat Reskrim atau ke humas saja. Pelaku penganiayaan sudah ditangkap," ujar Kapolres Sukabumi AKBP Nuredi Irwansyah Putra saat dikonfirmasi melalui pesan singkat

Pengakuan Korban Pemukulan

Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP Rizka Fadhila membenarkan, tokoh agama bernama Idih (66), dari Kampung Cikurutug, RT 2 RW 1 Desa Kademangan, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dipukul hingga terjatuh.

Rizka menjelaskan, berdasarkan pengakuan korban, pelaku memukul korban di bagian dada.

Setelah dipukul korban kehilangan keseimbangan, hingga akhirnya terjatuh.

Dari video viral yang dilihat Tribunjabar.id, setelah terjatuh, korban yang mengenakan sarung warna merah dan kaos putih tersebut, sempat memberikan perlawanan dengan menendangkan kaki ke pelaku untuk melindungi diri.

"Dari keterangan korban merasa kena pukul, korban kehilangan keseimbangan sehingga terjatuh, korban terpukul di bagian dada," jelasnya.

Dari video viral tersebut, juga terlihat rekan pelaku melerai pertikaian antara pelaku dan korban.

Dari kejadian tersebut, Rizka mengimbau, agar masyarakat tidak main hakim sendiri ketika terjadi permasalahan.

"Kalau sebenarnya, bahwa kami kepolisian sudah menangani dengan cepat, kami juga bertindak profesional tidak memihak siapa pelapor, kalau memang ada tindak pidananya kami pasti akan menangani, sehingga upaya-upaya main hakim itu tidak dilaksanakan, bahwa kami secara prosedur melaksanakan apa yang menjadi kewajiban kami," terangnya.

"Mengenai komentar, ah entar lagi dilepaskan, tidak ada, karena memang korban sudah melaporkan, haknya sudah dilaporkan ke kepolisian, kami sudah melaksanakan tugas, dan tentunya proses ini akan tetap kami lanjutkan," ujarnya.


Sumber: diksi.co/hukum-kriminal/viral-tokoh-agama-dipukul-hingga-terjungkal-polisi-beri-keterangan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halaman
1 2 3