Diduga Jual Sate Pakai Daging Ayam Busuk hingga Klaim Bau Tak Sedap dari Limbah Air


MH warga Gampong Cot Paya, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar dituding menjual sate dari daging ayam busuk.

Dugaan itu muncul karena warga melaporkan aroma busuk yang tercium dari rumah MH setap hari. MH kemudian digelandang ke kantor polisi pada Kamis (4/6/2020).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Baitussalam Ipda Safrizal.

Menurutnya saat di rumah MH, polisi menemukan satu keluarga yang sedang membersihkan daging ayam yang diduga busuk. 

Pada polisi, MH sudah delapan tahun berjualan sate ayam secara berkeliling.

Daging ayam yang diduga busuk itu dibersihkan sampai empat kali lalu ditumis hingga keluar minyak. Daging tersebut kemudian ditusuk dengan lidi dan dibakar sebelum dijajakan oleh MH.

"Karena sudah meresahkan, saya bersama anggota dan Danramil serta Sekcam setempat mendatangi rumah tersebut dan ditemukan daging ayam dengan aroma tak sedap," kata Ipda Safrizal kepada Kompas.com, Jumat (5/6/2020) melalui saluran telepon.

Polisi kemudian mengamankan barang bukti daging ayam yang diduga busuk. Selanjutnya barang bukti tersebut dimusnahkan oleh polisi. 

MH kemudian diberi peringatan tertulis agar tidak lagi melakukan perbuatan yang merugikan masyarakat.

"Terduga ini masih diberi peringatan dan akan dilakukan pembinaan oleh pihak kecamatan dan perangkat gampong setempat agar tidak menjual daging yang tidak segar kepada masyarakat," jelasnya.

Klaim bau tak sedap dari air limbah


Akun Facebook roshanrohit7040 yang memuat klarifikasi terntang tudingan sate ayam yang diolah dari daging ayam busuk. Tapi sayang akun ini tak bisa diakses lagi.KOMPAS.COM/DASPRIANI Y. ZAMZAMI Akun Facebook roshanrohit7040 yang memuat klarifikasi terntang tudingan sate ayam yang diolah dari daging ayam busuk. Tapi sayang akun ini tak bisa diakses lagi.

Sementara itu di pemilik akun Facebook @roshanrohit7040 membantah jika pembuatan sate tersebut menggunakan daging busuk.

Ia mengklaim jika bau busuk tersebut berasal dari air limbah cucian daging ayam yang ditumpuk dalam ember.

Air limbah tersebut tidak dibuang hingga tiga hari karena menunggu ember penuh. 

Pemilik akun tersebut menjelaskan jika penjual sate ayam tersebut tak memiliki saluran pembuangan air limbah. Mereka membuang air limbah ke lokasi lain setelah ember penuh.

Di statusnya, pemilik akun mengaku siap diperiksa BPOM.

Namun sayangnya aku Facebook @roshanrohit7040 sudah tak bisa lagi diakses.

Sumber: regional.kompas.com/read/2020/06/06/16060011/diduga-jual-sate-pakai-daging-ayam-busuk-hingga-klaim-bau-tak-sedap-dari

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halaman
1 2 3