Dirawat 68 Hari Tak Sembuh-sembuh, Pasien COVID-19 di Klaten Diizinkan Mancing


Satu pasien virus Corona COVID-19 di Klaten belum juga sembuh meskipun sudah dirawat 68 hari. Pasien yang dirawat di RSD Bagas Waras itu sempat diizinkan memancing untuk mengembalikan imunitasnya.

"Masih positif terus. Yang terakhir kemarin untuk meningkatkan imunitas kita keluarkan dari ruang isolasi untuk berjemur dan senam bersama serta kita izinkan mancing di dekat lokasi berjemur," ungkap Dirut RSD Bagas Waras Klaten, dr Limawan Budi Wibowo, pada detikcom, Jumat (19/6/2020).

Limawan mengatakan pasien tersebut berasal dari Kecamatan Wonosari. Pasien bersangkutan dirawat sudah selama 68 hari.

"Sudah 68 hari dan kayaknya 8 kali uji swab. Hasilnya masih positif terus," sambung Limawan.

Kasus itu, imbuh Limawan, selain dilaporkan ke provinsi juga dilaporkan ke pemerintah pusat. Sebab untuk pembiayaan ditanggung pemerintah pusat.

"Pembiayaan dari Kemenkes. Soal berapa habisnya tidak perlu dihitung," kata Limawan. 

Soal penyebabnya, Limawan menduga kemungkinan karena ada yang berbeda dengan pasien lain. Bisa jadi jenis virusnya.

"Bisa jadi jenis virusnya tapi kita tidak bisa memastikan. Kita terus beri vitamin dan kondisinya stabil," pungkas Limawan.

Juru bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Corona atau COVID-19 Kabupaten Klaten dokter Cahyono Widodo mengatakan pasien yang paling lama dirawat itu berinisial P (62) warga Kecamatan Wonosari.

"Pembiayaan diklaim ke pusat. Kondisinya membaik dan semoga segera sembuh dan kita laporkan ke pusat," ungkap Cahyono pada detikcom.

Senada dengan Gugus, Camat Wonosari, M Nur Rosyid mengatakan warganya tersebut masih dirawat. Sudah lebih dari dua bulan dirawatnya.

"Sudah lebih dari dua bulan dan mungkin pasien terlama. Padahal keluarga juga sudah dirapid dan semua hasilnya negatif," terang Nur Rosyid pada detikcom.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halaman
1 2 3