Viral Pemulung belikan Ponsel untuk Cucu dengan Uang Koin Sekarung


Seorang kakek di Samarinda mendadak menjadi viral di media sosial karena membeli sebuah ponsel Android dengan uang koin recehan. Kakek tersebut merupakan pemulung.

Kakek tersebut bernama Katemin (60), warga Jalan Damanhuri, Samarinda Utara. Dia membeli ponsel seharga Rp 1,9 juta.

Katemin sengaja membawa uang receh yang ditabung oleh cucunya bernama Satria Aprilia (9). Uang pecahan Rp 500 dan Rp 1.000 ini dimasukan didalam karung yang biasa dia bawa untuk mengangkut barang barang bekas yang ditemukannya.

"Setiap hari saya bawa uang ini untuk dibelikan HP, namun Sabtu siang awalnya saya hanya berteduh, lalu lihat-lihat HP di toko dan tanya harga," kata Katemin kepada detikcom, Minggu (21/06/2020) siang, di Jalan Cendana, Samarinda.

"Saya tanya sama penjaganya, harganya berapa, boleh tidak dibayar pakai uang koin. Saat itu pemilik counter HP datang dan langsung mengatakan boleh dan memberikan HP yang harganya Rp 1.9 juta," jelas Katemin.

Pemulung di Samarinda beli ponsel Android pakai uang koin recehan. (Suriyatman/detikcom)Pemulung di Samarinda beli ponsel Android pakai uang koin recehan. (Suriyatman/detikcom)

Tidak hanya itu, Katemin bahkan diberi uang tunai oleh pihak toko penjual ponsel pintar itu.

"Saya nggak nyangka dapat rejeki berlimpah seperti ini," jelasnya.

Disinggung asal uang koin itu, Katemin mengaku bahwa cucunya Satria Aprilia suka menyimpan uang koin di celengan.

"Uang ini dikumpulkan selama satu tahun, saya tidak tahu berapa jumlahnya. Kemarin ketika ulang tahunnya, dia menyerahkan uang ini untuk dibelikan HP," kata Katemin.

Diapun tidak menyangka jika video yang diambil pegawai toko itu menjadi viral. Dia mengaku bersyukur jika yang dilakukan cucunya menjadi motivasi bagi anak anak Indonesia untuk mau menabung jika menginginkan sesuatu.

"Mudah mudahan bisa menjadi motivasi untuk anak anak agar mau menabung jika menginginkan sesuatu," tutup Katemin.

Sementara itu Kindewen pemilik toko ponsel di Jalan Cendana Samarinda mengatakan bahwa dia merasa kasihan saja melihat ada seorang kakek yang berniat membelikan HP untuk cucunya.

"Awalnya ia tidak tahu jumlah uang yang ada didalam karung, katanya kalau kurang nanti dia tambahi dengan uang kontan yang ia miliki, namun karena saya senang akhirnya saya kasih saja," kata Kindewen.

Saya sempat kaget ketika diberi tau pegawai ada orang mau beli HP menggunakan uang receh.

Pemulung di Samarinda beli ponsel Android pakai uang koin recehan. (Suriyatman/detikcom)Suasana di toko ponsel. (Suriyatman/detikcom)

"Saya tidak mengira yang datang Bapak Katimin yang datang dalam kondisi basah kuyup membawa karung berisi uang koin," kata Kindewer.

Diapun mengaku tidak menyangka video yang diunggahnya melalui media sosial bakal viral.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Halaman
1 2 3